Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan

Keistimewaan terpancar dari desa ketingan, suatu desa yang terletak di Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Desa yang terletak di Kabupaten Sleman ini dikenal pula sebagai desa wisata burung kuntul atau burung bangau. Desa yang menyimpan kekayaan fauna ini merupakan tempat pelestarian burung Kuntul yang saat ini populasinya mulai menurun.

Desa ketingan ini sebagai hunian yang nyaman bagi burung kuntul. Menurut sumber ada ribuan burung kuntul yang bersarang di Desa Ketingan. Selain bisa menikmati suasana pedusunan yang asri, kita bisa bermain, melihat, memberi makan serta mendengar riuh bersahutan suara burung burung kuntul. Yang menarik dari desa fauna ini adalah keramahan dan kepedulian warga akan burung kuntul ini. Warga Dusun Ketingan sudah terbiasa dengan burung kuntul yang ada didesa mereka.

Keberadaan kawanan Burung Kuntul di Dusun Ketingan ini menjadi sebuah obyek wisata yang menarik minat banyak wisatawan. Terutama bagi mereka yang menyukai dunia binatang. Wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan warga sehari-hari seperti bertani di sawah, mengikuti kegiatan seni tradisional, dan juga mengikuti kegiatan praktek membuat makanan dan minuman khas warga setempat.

Jika ingin bermalam di desa wisata ini, maka sejumlah rumah warga dapat disewa sebagai home stay. Pada saat malam hari, wisatawan dapat mendengar suara jangkrik dan kodok, juga melihat kunang-kunang yang mungkin jarang ditemukan di perkotaan.

Fasilitas :

  1. Pemandu lokal
  2. Menara pengamatan burung
  3. Tempat menginap ala pedesaan
  4. Makanan dan Minuman Khas Dusun Ketingan

Lokasi :

Desa wisata Ketingan terletak di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata Ketingan ini terletak 3 Km dari jalan Magelang.