Beranda » Tips » 7 Tempat Wisata Religi di Yogyakarta Yang Bisa Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Religi di Jogja – Yogyakarta sebagai salah satu kota wisata memang tidak perlu diragukan lagi. Jogjakarta tidak hanya memiliki tempat-tempat dengan keindahan alam yang menawan. Akan tetapi, Jogjakarta juga menyimpan banyak tempat religi Islam yang bersejarah. Tidak heran, jika setiap orang yang berkunjung ke Jogjakarta tentu memiliki tujuan wisata yang berbeda-beda. Biasanya, ada yang berkunjung ke tempat wisata alam untuk menikmati keindahan alamnya, ada juga yang pergi ke wisata religi yang tidak kalah menarik dengan segudang manfaat, khususnya mereka yang ingin menambah pengetahuan tentang sejarah hingga mempertebal keimanan.
Nah, apabila Anda menyukai wisata dengan nuansa Islami yang menenangkan, mulai dari masjid hingga makam-makam bersejarah Islam lainnya maka Anda wajib mampir ke beberapa destinasi wisata religi di Jogjakarta. Berikut daftar wisata religi terbaik di Jogjakarta. Sebelum membaca artikel lebih jauh, kamu bisa memesan Paket Wisata Jogja di visit-jogja.com ya gaes. Ada banyak pilihan paket wisata yang bisa kamu pilih atau bisa costum sendiri loh.

Wisata Religi Jogjakarta

Masjid Gedhe Kauman

wisata religi di jogja masjid kauman

sumber : instagram.com

Masjid Gedhe Kauman dikenal sebagai Masjid Raya Jogjakarta yang megah, yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I. Masjid ini merupakan bagian dari sejarah sejak zaman Keraton Ngayogyakarta yang keberadaanya sangat terawat sehingga bentuknya orisinil seperti waktu pertama dibangun. Ciri khas dari masjid ini ialah keberadaan empat pilar utama atau saka guru dengan atap berbentuk tajug lambang teplok. Di dalam masjid juga terdapat 48 pilar dengan atap 16 sisi tiga tingkat yang bermakna tiga tahapan pencapaian kesempurnaan hidup manusia.. Selain itu, juga terdapat ruangan khusus bagi raja ketika hadir di masjid, dikenal dengan nama ‘maksura’, yang berada di shaf terdepan.
Hal menarik dari masjid Gedhe Kauman ini, biasanya setiap hari kamis terdapat takjil untuk umum dengan menu gulai kambing. Selain itu, setiap sore dalam bulan Ramadan, masjid ini juga akan mengadakan kajian khusus hingga dengan buka puasa bersama. Masjid ini sampai sekarang masih aktif digunakan untuk sholat dan aktivitas religi lainnya sehingga bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata religi di Jogjakarta. Selain aksesnya yang sangat mudah, masjid ini juga terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara dan barat daya Pasar Beringharjo.

Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede merupakan masjid tertua yang banyak menyimpan sejarah mendalam karena dibangun pada masa kejayaan kerajaan Mataram di bawah kekuasaan Sultan Agung tahun 1640. Bangunan masjid ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: bagian halaman, pagar keliling, masjid, dan makam. Makam tersebut dijadikan sebagai tempat peristirahatan terakhir keturunan raja-raja Mataram Islam. Selain itu, ada juga makam yang terletak di belakang masjid, makam tersebut untuk tokoh penting kerajaan, seperti Ki Ageng Pamanahan, Sultan Hamengku Buwono II, Panembahan Senopati, dan Panembahan Seda Krapyak. Masjid ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang ingin berziarah, beribadah, maupun menambah wawasan keislaman dengan mengamati arsitektur kuno yang indah. Masjid ini terletak di daerah Kabupaten Bantul.

Masjid Syuhada

masjid syuhda-wisata religi jogja

Masjid Syuhada merupakan wisata religi Jogjakarta yang unik karena awalnya dibangun sebagai monumen penghormatan para syuhada, yakni tentara Islam yang gugur di peperangan kala itu. Namun seiring keperluan untuk tempat beribadah, monumen tersebut diubah menjadi masjid sehingga banyak kalangan yang menilai bahwa masjid Syuhada menjadi pelopor desain masjid modern pertama di Indonesia. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dengan ornamen dan warna biru dan hijau yang dominan. Masjid ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Islam sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan, yakni dengan berkunjung ke Masjid Syuhada yang terletak di Jl. I Dewa-Nyoman Oka 13, Kotabaru, Jogjakarta.

Masjid Pathok Nagoro

wisata religi di jogja

sumber : instagram.com

Masjid Pathok Nagoro merupakan salah satu masjid yang juga memiliki kaitan dengan sejarah kesultanan dan keraton Jogjakarta. Masjid ini memiliki arsitektur serta tata ruang khas keraton. Uniknya, masjid ini terdiri dari lima rangkaian yang tersebar di beberapa daerah, yang pernah digunakan sebagai bangunan religius, pertahanan rakyat dari penjajah, serta tanda kekuasaan raja. Masjid ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang menyukai bangunan klasik serta ingin menambah wawasan tentang sejarah Islam. Berikut daftar masjid-masjid Pathok Negoro beserta lokasinya:

  • Masjid Dongkelan yang terletak di Kauman, Dongkelan, Tirtonirmolo, Bantul.
  • Masjid Babadan yang terletak di Kauman, Babadan, Banguntapan, Bantul.
  • Masjid Wonokromo yang terletak di Wonokromo, Plered, Bantul.
  • Masjid Mlangi yang terletak di Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman.
  • Masjid Plosokuning yang terletak di Ploso Kuning, Ngaglik, Sleman

Dusun Mlangi

wisata religi di jogja dusun mlangi

Dusun Mlangi merupakan salah satu tempat wisata religi di jogja yang terkenal sebagai desa para santri, yang terletak di Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Dusun ini memiliki sejarah Islam yang sangat kental, bahkan seorang Gus Tafied pernah berkata jika Dusun Mlangi adalah tempat lahirnya Islam Mataraman. Dusun Mlangi juga menjadi tempat dimakamkannya Kyai Nur Iman, yakni tokoh penyebar agama islam di Mlangi. Menurut sejarah, Kyai Nur Iman yang memiliki nama asli Pangeran Hangabehi Sandiyo tersebut adalah kakak dari ultan Hamengku Buwono I. Selain itu, banyak pesantren-pesantren yang mendidik para santrinya dari berbagai usia sehingga desa ini memiliki religiusitas yang tinggi. Dusun ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang ingin belajar tentang sejarah Islam dan budaya.

Tempat Wisata Religi di Jogja Kampung Jogokariyan

wisata religi di jogja masjid jogokaryan

sumber :instagram.com

Kampung Jogokariyan adalah salah satu kampung ramadan terpopuler yang ada di Jogjakarta. Kampung ini memiliki masjid Jogokariyan yang biasanya menyediakan sekitar 1.500 porsi menu buka puasa setiap harinya. Selain itu, kampung ini juga selalu mengadakan tarawih bersama imam dari Palestina, pentas nasyid, dan banyak program menarik lainnya. usun ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sore sambil menunggu adzan magrib berkumandang sekaligus mencari menu buka gratis dan memburu jajanan untuk takjil tambahan serta melaksanakan ibadah tarawih selama bulan puasa.

 Tempat Wisata Religi di Jogja Makam Syekh Jumadil Kubro Merapi

Syaikh Jumadil Kubro adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Jawa pada masa kerajaan Majapahit. Syaikh Jumadil Kubro dianggap sebagai bapak dari para Walisongo karena Sunan Ampel dan Sunan Giri merupakan cucu dari beliau. Dengan begitu, Makam Syekh ini menjadi salah satu wisata religi di Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh peziarah. Meski makam Syekh ini berada di dataran tinggi yang letaknya tidak jauh dari gunung Merapi, tetapi banyak peziarah yang tetap berkunjung. Hal menarik dari makam Syekh ini berupa pemandangan dari petilasan yang sangat indah sehingga menjadi salah satu wisata religi terbaik di Yogyakarta. Makam ini bisa menjadi pilihan wisata religi menarik bagi Anda dengan pemandangan merapi yang indah sekaligus untuk menambah pengetahuan mengenai sejarahnya. Makam ini terletak di Bukit Turgo, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.