Wisata Candi Prambanan

26 Agustus 2021 371x Candi & Budaya

Beranda » Candi & Budaya » Wisata Candi Prambanan

Candi-prambanan

Candi Prambanan – Terletak di antara perbatasan timur Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ) dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Sebagian bangunan Candi Prambanan berada di administrasi Kabupaten Sleman Yogyakarta dan sebagian lagi termasuk parkiran masuk administrasi Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Candi Prambanan merupakan candi hindu yang terbesar di Indonesia dan juga di asia tenggara. Banyak sekali wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Candi Prambanan ini. Tak heran jika candi prambanan menjadi salah satu destinasi wisata yang ter favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Memiliki tinggi 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur.

Berdasarkan kisah cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang membuat 1000 candi dalam 1 malam. Prambanan sangat kental akan cerita kisah cinta seorang pangeran Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada seorang putri bernama Roro Jonggrang. Cinta bertepuk sebelah tangan karena Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang pun mencari cara agar Bandung Bondowoso tidak lagi mencintainya. Akhirnya Roro Jonggrang membuat syarat yang harus di penuhi jika ingin menikahinya. Bandung Bondowoso harus membuat 1000 candi dalam 1 malam, dengan yakin Bandung Bondowoso pun menerima syarat itu. Dengan kesaktiannya Bandung Bondowoso di bantu oleh bangsa Jin, dan hampir menyelesaikannya. Roro Jonggrang pun panik, dan memanggil para selir – selirnya untuk menumbuk lesung dan membangunkan para ayam jago. Ayam jago pun berkokok dan membakar api di sebelah timur agar terlihat matahari sudah terbit. Upaya Bandung Bondowoso pun gagal, karena tinggal 1 candi agar bisa menjadi 1000 candi dalam 1 malam. Bandung Bondowoso pun kaget ada apa sebenernya, dia pun mencari tahu apa sebabnya. Bandung Bondowoso akhirnya tahu kalau dia dicurangi oleh Roro Jonggrang. Mengetahu hal itu Bandung Bondowoso pun murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000.

Kisahnya pun kurang lebihnya seperti itu. Mitosnya pun kalau ada pasangan yang belum menikah dan pergi ke Prambanan hubungannya akan rusak. Walupun begitu banyak sekali wisatawan yang berpasangan untuk berwisata ke candi ini. Keindahan Candi ini mampu menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, saat musim liburan Prambanan seakan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Tidak hanya itu ada suatu pertunjukan yang tidak kalah populer yaitu pertunjukan Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana. Pertunjukan ini dibuka untuk umum setiap malam dan memiliki jadwal tertentu.

 

Harga Tiket Masuk Candi

Harga tiket masuk candi prambanan terbilang cukup mahal juga sih dari tempat wisata lainnya. Rata rata harga tiket masuk wisata di jogja sekitar 10rb – 30rban untuk tiketnya. Walupun tiket masuk prambanan cukup mahal masih banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke candi ini. Untuk harga tiket masuk :

Wisatawan Lokal

  • Dewasa : Rp. 50.000
  • Anak Anak : Rp. 25.000

Wisatawan Asing

  • Dewasa : $25 / Rp.350.000
  • Anak2   : $20 / Rp.280.000

Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan di candi :

Motor

  • Weekday : Rp.3000
  • Weekend : Rp.5000

Mobil

  • Weekday : Rp.10.000
  • Weekend : Rp. 15.000

 

Fasilitas Candi Prambanan

Fasilitas di prambanan sangat lengkap untuk para wisatawan yang berkunjung ke sini, Fasilitas :

  1. Toilet bersih dan banyak tersebar di beberapa tempat
  2. Mushola dan Masjid
  3. Restoran dan tempat makan lokal
  4. Rest area
  5. Sepeda untuk berkeliling candi
  6. shuttle kereta
  7. Guide lokal
  8. Jasa foto
  9. Spot foto yang keren
  10. Parkiran yang sangat luas

candi prambanan

sumber : sepeda candi prambanan

 

Jam Buka Candi

Candi prambanan mulai buka pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00. Pagi dan sore hari adalah waktu yang sangat rekomendasi sekali untuk berkunjung ke sini.

spot foto candi prambanan

spot candi prambanan ( sumber : Instagram )

Rute & Lokasi Candi Prambanan

Untuk menuju lokasi candi kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum loh. Karena akses nya cukup mudah dan lokasinya di deket jalan besar juga. Kalau menggunakan kendaraan pribadi dari kota jogja jalan menuju arah jl solo lurus aja ke timur sampai ketemu prambanan yang letaknya di kiri jalan. Untuk yang menggunakan kendaraan umum enaknya menggunakan trans jogja ya, harganya cuman Rp.3500 kita sudah sampai ke prambanan. Perjalanannya kurang lebih 30 menit – 45 menit untuk kendaraan pribadi dan kalau menggunakan trans jogja sekitar 1 jam – 1,5 jam, karena trans jogja muter muter dulu. Mau jalan jalan kesini tapi gak mau ribet ? Yuk ikut paket wisata jogja aja dari kami…

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

4 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.