Beranda » Wisata Alam Jogja » Pantai Parangkusumo : Keindahan Pantai Berbalut Legenda

Pantai Parangkusumo – Ada salah satu pantai di Yogyakarta yang kerap disebut kramat karena ada kisah legenda mengenai pantai tersebut. Namun pantai itu menyimpan panorama yang tak kalah indahnya

Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai yang kerap dijadikan tempat ritual sehingga jika kamu berkunjung ke tempat ini, bau kemenyan kerap masuk ke hidung kamu.

Kendati demikian, meskipun terbilang mistis, tempat wisata ini juga menyimpan pesona pantai indah yang asik untuk kamu kunjungi. 

Eits.. kalo kamu butuh jasa Paket Wisata Jogja untuk bisa menemani kamu keliling Yogyakarta, bisa hubungi ke Visit Jogja yaa.

Pantai Parangkusumo : Sakral Namun Tetap Indah

Keindahan Pantai Parangkusumo tak kalah indah meskipun terkenal dari sisi legenda dan mistisnya. Namun dengan adanya hal tersebut, pantai ini mempunyai daya tariknya tersendiri. 

Apalagi jika kamu menyaksikan upacara melasti yang kadang berlangsung di pantai ini. Biasanya upacara ini akan berlangsung pada jam 14.00 yang dihadiri oleh ratusan orang dengan busana khas hindu Bali.

pantai parangkusumo

sumber : instagram.com/simon.images

Selain itu, keindahan pantai ini cukup menarik untuk kamu kunjungi. Salah satu hal menarik di pantai ini adalah dengan adanya gumuk pasir khas Meksiko yang ada di sekitar wilayah pantai.

gumuk pasir jogja

Harga Tiket masuk Pantai Parangkusumo

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk masuk ke pantai ini. Menariknya tiket tersebut bisa kamu gunakan untuk masuk ke Pantai Parangtritis yang terkenal itu. 

Jika kamu membawa kendaraan, biaya untuk parkir motor sebesar Rp2.000 sedangkan untuk parkir mobil sebesar Rp5.000

Di kawasan pantai ini juga ada beberapa permainan yang bisa kamu sewa. Kamu bisa menyewa kuda dengan biaya Rp20.000 untuk satu putaran dan kamu bisa menyewa ATV seharga Rp50.000 untuk 15 menit pemakaian.

Fasilitas 

Layaknya obyek wiisata pantai Jogja yang lain. Pantai Parangkusumo telah di utuhi dengan bermacam rupa sarana tamasya yang lengkap. Nikmati liburan yang berbobot serta mengasyikkan di obyek tamasya satu ini.

selanjutnya catatan sarana tamasya di pesisir laut Parangkusumo Bantul yang sanggup kalian nikmati tengah wisata:

  1. kawasan parkir wisata yang luas
  2. Akses tamasya yang baik
  3. Warung makananan
  4. Toilet / Kamar mandi
  5. Penginapan
  6. Pusat oleh-oleh tepi laut
  7. Spot foto
  8. Wahana permainan
  9. Persewaan karpet serta pelindung pantai
  10. Camping wilayah serta sedang banyak lagi.

Di mengurus liburan kalian serta keluarga di pantai Parangkusumo akan senang serta mengasyikkan. kala kalian menikmati seluruhnya sarana tamasya yang cawis di tempat satu ini.

Lokasi dan rute 

Pantai ini berlokasi di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Pantai Parangkusumo. Pantai ini berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. 

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 30 km ke arah selatan. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menuju ke Jalan Raya Parangtritis lalu mengambil arah selatan di kawasan Benteng Wetan.

Kalo kamu dari luar Yogyakarta, kamu bisa menggunakan bus Jogja-Parangtritis di Terminal Giwangan dengan harga tiket Rp. 15.000.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.