Beranda » Wisata Alam Jogja » Paralayang Parangtritis : Wisata Seru di Bukit

Paralayang Parangtritis, – Bicara mengenai tempat wisata yang ada di Jogja memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dieksplorasi. Tidak terkecuali dengan Bukit Paralayang, dimana tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat ikonik di kawasan Gunung Kidul,Yogjakarta.

Bukit ini mempunyai daya tarik yang sayang jika dilewatkan, mulai dari pemandangan alam sangat menakjubkan dari ketinggian sampai panorama sunset yang begitu indah. Untuk Anda yang berencana melakukan liburan ke Jogja, simak terlebih dahulu terkait dengan ulasan lengkap dari Bukit Paralayang berikut!

Sebenarnya nama dari bukit ini bukanlah Bukit Paralayang, melainkan Bukit Gupit. Karena puncaknya dipakai untuk lokasi lepas landas bagi paralayang atau gantole, maka lebih popular disebut dengan Bukit Paralayang. Di tempat ini juga sering diadakan event-event paralayang. Seperti halnya Jogja Air Show 2014 dan juga berbagai event yang digelar dengan skala nasional lainnya.

Selain dapat menikmati pemandangan pantai dari atas bukit, rumah dan sawah penduduk tampak begitu indah dari puncak bukit ini. Jika Anda bertepatan dengan atlit yang sedang latihan paralayang, maka Anda dapat menikmati atraksi mereka yang luar biasa. Paralayang yang lepas landas dari bukit Gupit ini nantinya akan landing di landasan yang ada di antara pantai Pantai Depok dan Parang Kusumo.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Jogja, Bukit Paralayang ini memang sudah menjadi primadona, terutama kalangan anak muda.

Bukit Gupit ini menyajikan panorama Pantai Parangtritis yang berbeda jika dilihat dari atas ketinggian. Kamu mau liburan ke Jogja? tapi bingung karena masih buta tentang jogja, atau takut salah pilih agent wisata. Yuk kamu bisa pesen Paket Wisata Jogja di visit-jogja.com aja.

Daya Tarik Bukit Paralayang Parangtritis

paralayang parangtritis

sumber: instagram.com

Jika Anda berada di perbukitan sisi timur Pantai Parangtritis, Watugupit Yogyakarta, Bukit Paralayang, maka akan menyajikan keindahan pesisir pantai di titik yang sempurna. Di tempat ini Anda juga bisa menyaksikan Samudera Hindia yang membentang sangat luas yang seolah-olah tidak memiliki ujung. Tanpa batas, kecuali dengan citra langit yang warnanya sudah sangat khas.

Garis pantai yang memanjang dan juga membatasi laut dan daratan yang selalu menyajikan hijaunya perbukitan. Begitu enak dipandang mata, terlebih lagi pada saat senja mulai menjelang seiring dengan matahari perlahan terbenam. Warna alam pada saat sang surya tenggelam tersaji harmoni serta mencipta keindahan yang semestinya dikagumi oleh semua orang.

Demikian juga adanya Pantai Parangtritis sendiri yang dikenal sebagai salah satu spot sunset terbaik yang ada di Jogja. Lokasi paling strategis agar bisa menikmatinya adalah berada di tempat tertinggi yang ada di sisi timur, di Bukit Paralayang Parangtritis. Tidak heran jika bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di kalangan wisatawan Jogja.

Sesuai nama yang dimilikinya, fungsi utama dari Bukit Paralayang ini sebagai landasan bagi pecinta olahraga paralayang. Karena lokasi bukit ini masih terlatak di kawasan wisata Pantai Parangtritis, maka tempat wisata paralayang ini disebut juga dengan Bukit Paralayang Parangtritis.

Jika Anda suka atau bahkan ingin mencoba sensasi naik paralayang, Anda dapat merasakan sensasi olahraga tersebut di tempat ini. Pengunjung yang lburan ke area Bukit Paralayang Parangtritis biasanya hanya ingin bersantai sambil lalu memanjakan mata, menyaksikan indahnya panorama Pantai Parangtritis dari atas ketinggian.

Karena daya tarik utamanya dari tempat ini adalah sunset, sehingga waktu terbaik untuk berkunjung pada sore hari. Khususnya pada saat menjelang senja, biasanya objek wisata ini akan padat oleh wisatawan yang datang dari segala penjuru. Jika Anda ingin berkunjung ke Paralayang Parangtritis usahakan datang ketika cuaca sedang cerah agar Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan sunset yang lebih sempurna. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen yang sangat indah ini.

Wisata Bukit Paralayang Parangtritis yang ada di Yogyakarta ini sangat cocok untuk traveler yang menyukai landscape photography. Lokasinya yang cukup strategis dengan beragam view yang pastinya pantas untuk diabadikan. Paralayang Parangtritis ini juga cocok bagi traveler milenial yang gemar melakukan swafoto atau selfie. Foto dengan latar belakang indahnya matahari yang akan terbenam tentunya sangat instagenik.

Spot Romantis Melihat Sunset

Bukit Paralayang memang sudah terkenal akan olahraga terbang layang yang menantang. Tapi, bagaimana jika Anda takut ketinggian? Tenang saja, masih banyak aktivitas yang tidak kalah menarik yang dapat dilakukan di bukit yang indah ini.

Bukit Paralayang memang terkenal dengan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan. Dari puncak bukit ini, Anda dapat menghabiskan momen senja dan romantis ini bersama orang-orang yang Anda sayangi. Setelah puas dengan bermain air di Pantai Parangtritis, habiskan juga saat-saat menjelang petang di tempat yang indah ini.

Sebelum berkunjung ke Bukit Paralayang untuk dapat menyaksikan sunset, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu mengenai cuaca pada hari itu. Pastikan tidak ada kabut atau bahkan hujan agar bisa mendapatkan pemandangan yang diinginkan. Selain itu, usahakan untuk datang lebih awal karena menjelang senja area bukit ini akan dipadati pengunjung. Jika Anda datang lebih awal, Anda bisa menentukan spot terbaik untuk bisa melihat sunset dengan jelas.

 

Harga Tiket Masuk ke Bukit Paralayang

wisata jogja bukit palayang parangtritis
sumber: instagram.com

Pantai Parangtritis dan Bukit Paralayang memang lokasinya sangat berdekatan. Namun uniknya, kedua tempat wisata ini berada di dua kabupaten berbeda secara geografis. Bukit Paralayang berada di Gunungkidul, sedangkan Pantai Parangtritis berada di Bantul.

Tetapi, Anda tidak perlu membeli tiket tambahan apabila Anda sudah membeli tiket di Pantai Parangtritis. Cukup siapkan uang antara Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu saja untuk biaya parker kendaraan. Jika Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda dengan menaiki paralayang, untuk harga tiketnya bisa mencapai Rp 300 ribu!

Tidak perlu taku, karena Anda akan ditemani oleh seorang pemandu pada saat terbang dan menikmati indahnya pemandangan bentangan alam dari ketinggian. Meskipun harga tiket cukup mahal untuk bisa menaiki paralayang ini, tapi semua itu akan setimpal dengan apa yang akan Anda rasakan ketika sudah terbang.

 

Rute Bukit Paralayang Parangtritis

Untuk bisa sampai di Bukit Paralayang sama sekali tidak sulit. Bukit ini berada di satu kawasan dengan Pantai Parangtritis. Lokasi Bukit Paralayang ini terletak di Desa Giricahyo, Gunungkidul.

Dari Anda sedang berada di tengah kota Jogja seperti halnya di Jalan Malioboro, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 30 hingga 35 KM. Anda bisa naik motor atau mobil agar bisa sampai ke bukit ini, namun Anda bisa juga untuk naik angkutan umum seperti bus DAMRI yang memang rutenya Malioboro-Parangtritis. Kamu butuh rental mobil jogja lepas kunci selama di jogja? kami bisa booking di visit-jogja.com aja.

Pada saat Anda berada di pintu keluar Pantai Parangtritis, ambil jalan ke arah kiri yang menuju Jalur Lintas Selatan, kemudian Anda lurus saja sekitar 2 kilometer. Perhatikan juga bahwa rute di kawasan Parangtritis dan Bukit Paralayang ini cukup ekstrem, banyak sekali tanjakan curam yang harus dilalui. Jika Anda datang ke tempat ini dengan membawa kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda bisa melewati rute tersebut. Mau lebih amannya kamu bisa sewa mobil aja di sini

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.